UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. Dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan antusiasme peserta perguruan tinggi di dunia untuk berpartisipasi dalam pemeringkatan kampus terhijau.

Tahun ini jumlah peserta mencapai 912 universitas dari 84 negara di Asia, Eropa, Afrika, Australia, Amerika dan Oceania. Pada tahun 2020, ITERA mendapatkan peringkat ke-18 di Indonesia dan Penghargaan The Most Sustainable New Campus 2020.

Kegiatan Lokakarya UI GreenMetric Wilayah Indonesia Bagian Barat ini merupakan agenda rutin yang digelar setiap tahun. Untuk tahun 2021, ITERA ditunjuk oleh Panitia Pusat UI GreenMetric sebagai tuan rumah. Ini menjadi kesempatan bagi ITERA untuk memperluaskan jaringan kampus berkelanjutan dan juga strategi mendukung percepatan pembangunan ITERA menjadi kampus berkelanjutan. Dalam kegiatan ini akan dilaksanakan pemaparan terkait kebijakan pembangunan berkelanjutan, sharing best practices dari perwakilan universitas yang unggul dalam bidangnya masing-masing. Selain itu juga akan dilaksanakan pemaparan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dan akademisi dari berbagai instansi yang harapannya akan memunculkan masukan-masukan baru bagi implemantasi kebijakan pembangunan berkelanjutan.

Tema Makalah:

  1. Pengelolaan Infrastruktur, Transportasi, Sistem pendidikan dan penelitian
  2. Eksplorasi dan Produksi Energi, Sistem Pengelolaan Sampah, Limbah dan Air yang berkelanjutan